keutamaan mencari ilmu

Mencari ilmu merupakan suatu hal yang mulia di hadapan mahluk & juga di hadapan Allah SWT.

من سلك طريقا إلى العلم سلك الله طريقا إلي الجنة.الحديث

Barang siapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah akan menunjukkan baginya jalan menuju surga. Hadits diatas mungkin bisa kita jadikan sebagai penggugah semangat dalam mencari ilmu. Kita tidak perlu merasa minder, grogi, apalagi malu/sungkan ketika akan berangkat mencari ilmu, karena yang kita tempuh adalahjalan menuju kenikmatan sempurna yang abadi (surga). Jangan mengeluh karena jauhnya tempat mencari ilmu (sekolah), sebab semakin sulit usaha yang kita lakukan maka akan semakin besar pula pahala yang akan kita peroleh. Jauh-jauh hari Kanjeng Nabi sudah memberikan semangat untuk kita agar tetap semangat mencari ilmu meskipun tempatnya sangatlah jauh. Nabi pernah bersabda :  أطلب العلم ولوبالصين Carilah ilmu walaupun sampai ke negri cina.




كن عالما أومتعلما أوسامعا ولاتكن الرابع فتهلك

Terjemah bebasnya mungkin begini. Jadilah kamu seorang yang `alim atau penuntut ilmu atau sebagai pendengar (ilmu) dan jangan jadi orang yang ke-empat sebab (kalau engkau jadi orang yang ke-empat) maka engkau akan binasa.

أفضل الأعمال على ظهرالأرض ثلاثة. طلب العلم والجهادوالكسب.فطالب العلم حبيب الله والمجاهدولي الله والكاسب من الحلال كريم على الله
Amal yang paling utama (afdhol) diatas bumi adalah mencari ilmu, berjihad dan bekerja (yang halal). Penuntut ilmu adalah kekasih Allah, orang yang berjihad adalah wali Allah dan pencari rizki yang halal itu mulia disisi Allah.
Begitu muklia kedudukan orang pencari ilmu sampai-sampai melebihi kedudukan mujahid (pembela agama) dan pencari rizki yang halal. Sebenarnya masih banyak hadits dan ucapan para sahabat yang menerangakan tingginya derajat pencari ilmu. Hadits-hadits diatas cukuplah kiranya bagi kita untuk dijadikan sebuah pemikiran/pemahaman tentang begitu mulianya para pencari ilmu, karena orang yang berakal itu akan merasa cukup dengan isyarat, tidak perlu dijelaskan panjang lebar.
Jangan lupa niat ketika akan berangkat mencari ilmu, karena setiap amal itu tergantung pada niatnya
. إنماالأعمال بالنيات  Yakinkan dalam hati bahwa kamu akan mendapatkan ilmu yang banyak, paling tidak sebanding dengan usaha yang telah kamu lakukan. Kalau setiap mau berangkat kita yakin akan mendapatkan ilmu, pasti kita akan akan mendapatkannya. Ini sesuai dengan Kalam Allah dalam hadits qudsinya yang berbunyi وإنمالكل إمرئ مانوا  Yang terpenting adalah keihlasn dan ketulusan kita dalam mencari petunjuk dan ridho Allah SWT.
Semoga bermanfaat.

Share this: