Posting Pertama


Budayakanlah membaca sejak dini
 Bagi sebagian orang mungkin kegiatan membaca adalah kegiatan yang kurang di sukai dan membosankan. Namun ternyata banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan kegiatan membaca ini, diantaranya adalah kita akan semakin banyak menambah pengetahuan dan wawasan, semakin banyak pengalaman, dan juga kita semakin tahu akan kebodohan dan keterbatasannya ilmu yang telah kita kuasai. Hal ini seperti yang diungkapkan seorang filosofi terkenal bernama volaine yaitu : semakin aku banyak membaca semakin aku berfikir, semakin aku banyak belajar, semakin aku sadar bahwa aku tidak mengtahui apa-apa.
            Membaca juga merupakan aktivitas yang banyak dilakukan oleh para ulama jaman dahulu.Syeh Ibnu Qoyyim dalam kitabnya yang bernama Al-Adab Asy-Syar`iyyah memberikan pernyataan sebagai berikut : aku tidak pernah kenyang menelaah kitab-kitab. Apabila aku melihat sebuah buku yang tidak pernah aku lihat (baca) sebelumnya, maka seolah-olah aku telah menemukan harta karun. Aku telah menelah lebih daridua puluh ribu jilid buku\kitab dan masih mencari kitab lain untuk aku telaah. Dengan menelaah kitab para ulama` maka aku dapat mengambil faedah berupa pengenalan terhadap biografi para salaf, tingkat ketinggian semangat mereka, kemampuan hafalan serta tradisi menulis di kalangan mereka dan juga untuk mengetahui berbagai ilmu yang tidak di dapatkan oleh orang-orang yang enggan membaca. 
            Dengan membaca kita belajar, dengan membaca kita memahami, dengan membaca kita mengetahui, dengan membaca kita mengenal.

Share this: