Teknologi Canggih dan Super Cepat 4G Ternyata Dari Film Dragon Ball

Naaah kalian penasaran kaaann dengan judul diatas.. 
Pasti kalian pada bingung dan bertanya-tanya, apa hubungannya coba, film Dragon Ball dengan teknologi terbaru yang canggih dan super cepat 4G. Film Dragon Ball itu kan film kartun bro, filmnya anak-anak, uda jaman dulu pula. Apa kamu ngak salah bro??!!..Terus apa kaitannya dengan teknologi 4G??!!...

Memang judul diatas adalah benar, dan bukan asal-asalan, mengada-ada, membuat gosip atau menyebarkan fitnah, atau apalah.. Oke aku jelaskan ya, nanti tolong baca sampai habis tulisanku ini biar kalian bisa memahaminya dengan sempurna tidak setengah-setengah. 

Perlu kalian ketahui bahwa teknologi 4G ini ditemukan dan hak paten oleh orang asli Indonesia lhoo.. namanya Prof. Dr. Khoirul Anwar. Beliau berasal dari Dusun Jabon, Desa Juwet, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur.  Teknologi 4G ini beliau temukan pada tahun 2004 silam, dan baru dipatenkan dua tahun kemudian pada tahun 2006. Menurut informasi yang saya dapatkan, pria kelahiran 22 Agustus 1978 ini sekarang masih tinggal dan bekerja di salah satu perusahaan di Jepang. Kereeen kan..dan uniknya lagi beliau mendapat inspirasi penemuan ini dari film animasi\kartun Dragon Ball. Beliau menceritakan "Ketika Goku (tokoh utama Dragon Ball) akan melayangkan Spirit Ball yang merupakan jurus terdahsyatnya, Goku akan menyerap semua energi makhluk hidup di alam sehingga menghasilkan energi yang luar biasa".  

Dragon Ball yang menjadi inspirasi Prof. Dr. Khoirul Anwar menemukan teknologi 4G (Gambar www.imgbase.info).

Beliau meng-analogikan Jurus Spirit Ball sebagai  turbo equalizer  yang mampu mengumpulkan seluruh energi dari blok transmisi yang ter-delay, maupun blok transmisi terdahulu, untuk melenyapkan distorsi data akibat interferensi gelombang. "Kini sebuah sinyal yang dikirimkan secara nirkabel, tak perlu lagi diperisai oleh guard interval untuk menjaganya kebal terhadap delay, pantulan, dan interferensi. Awalnya hal itu dianggap tak mungkin di dunia telekomunikasi," katanya. Khoirul melanjutkan, "Selain hanya untuk pembatas, mengirimkan power untuk sesuatu yang tidak berguna adalah sia-sia, sebab di daerah itu biasanya gelombang yang ditransmisikan mengalami pantulan dan delay lebih panjang,". Temuan Khoirul yang meniru jurus Dragon Ball ini bisa dibilang menjadi solusi masalah transmisi nirkabel, didukung dengan temuan ini bisa diaplikasikan di hampir semua sistem telekomunikasi, termasuk GSM, CDMA, dan yang paling mengesankan adalah teknologi ini sangat mendukung untuk diterapkan pada sistem 4G yang membutuhkan tingkat kompleksitas rendah dan kinerja tinggi. Teknologi temuan beliau ini juga sudah dijadikan standart internasional untuk keperluan satelit. Kereeenn abis deh pokoknya..

Prof. Dr. Khoirul Anwar. (gambar www.seinse.co).

Beliau merupakan mahasiswa Jurusan Elektro di Institut Teknologi Bandung dan menjadi salah satu wisudawan terbaik pada tahun 2000. Meski sampai sekarang beliau masih di Jepang, namun beliau memiliki keinginan yang mulia, yaitu mengajar sebagai dosen di ITB. "Saya ingin kembali pulang ke Indonesia tidak di Jepang. Dulu saya melamar jadi dosen ITB tetapi pas ujian masuknya saya lagi haji jadi tak bisa ikut ujian masuk dosen ITB"ungkapnya.

Naah sekarang kalian uda pada tau kan hubungannya antara film kartun dragon ball dengan teknologi 4G. Jadi intinya film dragon ball inilah yang menjadi isnpirasi Prof. Dr. Khoirul Anwar menemukan teknologi 4G ini. Berbicara tentang film kartun dragon ball, saya jadi teringat saat masa-masa sekolah SD dulu, film ini adalah film paling favorit rata-rata anak SD pada jaman itu. Saking sukanya saya dengan film yang dulu ditayangkan pada hari minggu pukul sembilan pagi ini, saya dan teman-teman sekolah pernah rela memanjat pagar sekolahan yang tingginya sekitar 3 meter dan berduri, pernah juga di jemur di halaman sekolah selama setengah jam gara-gara telat masuk karena nonton film ini.


Terkadang saya merasa ironis sekali, penemuan yang dihasilkan oleh orang indonesia tapi lebih dulu bisa dinikmati oleh orang asing, meskipun begitu kita juga harus tetap bersyukur karena pada awal tahun 2015 ini jaringan 4G bisa dinikmati oleh sebagian kota di Indonesia. Semoga jaringan telekomunikasi di Indonesia terus berkembang dan bisa cepat menyebar ke seluruh pelosok negeri.

Jaringan 4G di Indonesia

Medan menjadi kota pertama di pulau sumatera yang bisa menikmati jaringan super cepat dan berteknologi canggih 4G-LTE dari XL. Bahkan kota medan bisa menikmati jaringan 4G-LTE dari XL ini lebih dahulu dari kota-kota besar di pulau jawa seperti surabaya dan semarang yang biasanya lebih dulu dalam urusan teknologi. XL secara resmi meluncurkan layanan 4G-LTE (long Term Evolution) di 3 kota kota besar yaitu Yogyakarta , Medan dan Bogor pada jumat (19\12\2014). Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan Menjelaskan "Kami adalah operator pertama yang menggelar layanan 4G-LTE di tiga kota sekaligus (Yogyakarta, Bogor dan Medan), termasuk di Medan Sumatera Utara yang cukup jauh dari ibu kota Jakarta".

Dalam menyambut teknologi canggih dan super cepat 4G-LTE ini, XL merangkul Blogger kota Medan. Pada jumat, (20\02) kemarin, XL mengadakan event Blogger Conference yang bertempat di xocial lounge graha xl di jalan diponegoro kota Medan. Dalam event ini, XL menyampaikan keseriusannya dalam membangun dan memperluas jaringan agar dapat melayani masyarakat secara lebih luas, khususnya dalam bisnis layanan data di indonesia, hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Dian Siswarini, wakil presiden direktur XL dihadapan para Blogger kota Medan. "Tahun 2015 ini akan banyak terobosan sekaligus tantangan yang akan dihadapi XL untuk dapat tetap berkompetisi dalam bisnis telekomunikasi. Salah satunya adalah XL telah dan akan terus mengembangkan jangkauan layanan 4G hingga merata ke sejumlah wilayah di Indonesia".


Blogger Medan pada acara Blogger Conference.

Pada kesempatan tersebut, XL juga mengadakan lomba menulis bagi para Blogger Medan dengan tema seputar permasalahan sosial atau telekomunikasi di kota Medan. Hadiah yang disiapkan tidak tanggung-tanggung yaitu: grandprize 1 unit handphone 4G untuk pemenang pertama dan 3 paket data berlangganan kartu XL gratis selama setahun untuk 3 pemenang harapan.


Oke sekian dulu dari saya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisanku yang agak kacau ini.hehe.. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Sumber :
- http://www.xl.co.id/corporate/id/ruang-media/nasional/xl-blogger-conference
- http://teknologi.inilah.com/read/detail/2130045/kisah-profesor-asal-kediri-penemu-teknologi-4g/14150
- http://www.seinse.co/2014/02/penemu-jaringan-4g-adalah-orang.html
- http://www.tribunnews.com/internasional/2015/01/22/profesor-khoirul-anwar-sang-penemu-4g-berharap-bisa-mengajar-di-itb
- http://www.imgbase.info/images/safe-wallpapers/anime/dragon_ball_z/6846_dragon_ball_z_hd_wallpapers.jpg
- http://www.jpnn.com/read/2014/12/17/276008/Mengenal-Khoirul-Anwar,-Tukang-Ngarit-Penemu-Teknologi-4G-

Share this: