Indahnya Ramadhan bersama keluarga Blog-M

Ramadhan kali ini terasa sangat berbeda, beda suasana tempat tinggal, beda kehidupan sosial, beda teman dan pergaulan, beda aktifitas keseharian dan berbeda hampir dalam segala aspek kehidupanku. Masih teringat kuat dalam ingatanku tentang kedamaian dan kenyamanan yang kurasakan ketika bulan ramadhan di kota Jogja yang dikenal dengan kota yang ramah, sopan, halus bicaranya dan akrab dengan tetangga (harmonis hubungan sosial masyarakatnya). Apalagi ketika memasuki bulan Ramadhan yang semakin ramai dan meriah lingkungan tempat tinggalku di Jogja, tepatnya di Krapyak. Hampir disepanjang jalan depan rumah kosku terdapat banyak orang berjualan aneka cemilan, menu buka, jajanan kue. disamping itu juga terdapat banyak jualan berbagai macam minuman es yang semakin melengkapi ramainya jalan. 

Krapyak merupakan salah satu daerah di perbatasan antara kota Jogja dan Kabupaten Bantul. Nafas islami yang sangat kuat dan kehidupan sosial yang harmonis dengan teman dan tetangga membuat saya sangat nyaman dan krasan (baca : betah) tinggal berlama-lama di Krapyak. Tak terasa sudah 3 kali puasa Ramadhan saya jalani di Krapyak ini, dari mulai saya kuliah tahun 2010 hingga lulus tahun 2014. Disamping itu, menu masakan yang banyak pilihan serta harganya yang terjangkau kantong anak kos (mahasiswa) membuat saya semakin betah tinggal. di depan rumah kos terdapat sebuah pesantren bernama pondok pesantren Al-Munawwir, pesantren Al-Munawwir merupakan salah satu pesantren tertua di pulau jawa. Di Pesantren ini terdapat ribuan santri yang datang dari penjuru daerah dan bahkan ada sebagian santri yang datang dari luar negeri. Di pesantren ini juga penulis pernah mengikuti pengajian al-quran yang diasuh oleh K.H. Hafidh Abdul Qodir R.A. Beliau merupakan salah satu cucu dari sang pendiri pesantren bernama K.H. Munawwir.

Salah satu event perdana blogger medan yang saya ikuti.
 Sekarang saya harus beradaptasi dengan lingkungan baru, teman baru, kondisi sosial masyarakat baru, dan banyak lagi hal-hal baru yang hadir dalam kehidupan baru saya. Ramadhan kali ini saya berada di Kota Medan dan ini adalah pengalaman pertamaku berada di kota perantauan diluar pulau Jawa. meski saya sejak lulus SD sudah tidak tinggal dengan orang tua, namun biasanya setiap awal ramadhan atau sahur pertama bulan puasa itu masih bersama keluarga di rumah. Singkat cerita, di medan ini saya bergabung menjadi anggota Blog-M atau singkatan dari Blogger Medan. dan disinalah saya merasa menemukan "Rumah Baru".

Internet Sehat, Sehatkan Warisan Budaya Kota Hebat.
Di komunitas inilah saya dianggap Keluarga oleh mereka dan begitu juga sebaliknya, saya pun sudah menjadikan mereka sebagai Keluarga saya sendiri. Awalnya saya agak ragu ketika mau bergabung dengan komunitas tersebut, keraguan tersebut karena pada saat pertama kali mengikuti acara mereka yang datang cuma hanya beberapa orang tak lebih dari 7 orang, dan diperparah dengan jarangnya ada acara event yang mereka adakan secara rutin. namun saya mencoba tetap bergabung dan mencoba memahami lebih dalam tentang komunitas Blog-M tersebut. dan setelah beberapa bulan berjalan, akhirnya saya benar-benar betah, enjoy, akrab dan bahkan sudah menjadi keluarga sendiri dengan teman-teman komunitas Blog-M.

Selama bulan Ramadhan di medan, saya dan Blog-M banyak mendapatkan undangan buka bersama. dan kebetulan juga kemarin kami mengadakan DURIAN (Diskusi Ringan Anak Medan) yang diisi dengan Edukasi tentang "Internet Sehat" kepada Anak Yatim panti asuhan yang rata-rata masih usia sekolah SMP-SMA, serta mengajak mereka berwisata keliling istana Maimun. Di acara ini kami bekerjasama dengan Medan Heritage yang merupakan salah satu komunitas terkenal di kota medan.  Acara tersebut berjudul " Internet Sehat, Sehatkan Warisan Budaya Kota Hebat ". Dan alhmdulillah acara berjalan dengan lancar dan sukses.

Dengan bergabung komunitas Blog-M, penulis mendapatkan banyak ilmu mulai dari ilmu ngeblog, ilmu tentang internet sehat, tentang SEO, serta masih banyak lagi. Penulis juga mendapatkan banyak pengalaman, cerita serta wawasan yang semakin luas. Dan lebih dari itu semua, yang paling berharga adalah penulis mendapatkan Rumah Baru dan Keluarga Baru yang bernama Blog-M.

Sekian dulu dilanjut besok ya.udah waktunya sahur.haha..

Share this: