Blog-M Belajar Infografis (Durian Oktober)

Bidang desain grafis akhir-akhir ini banyak digandrungi oleh para kaum remaja, terutama anak SMA yang sedang melanjutkan studi ke jenjang kuliah. Trend inilah yang coba diikuti oleh para anggota Blog-M (Blogger Medan) belajar tentang Desain Grafis. Dalam kesempatan ini Blog-M belajar satu topik yang sangat menarik yaitu Infografis. Apa itu Infografis, bagaimana caranya, seperti apa hasilnya dan peralatan atau software apa saja yang digunakan. Pertanyaan itu serentak bermunculan dengan tanpa diperintah. Baiklah akan saya jelaskan sedikit apa itu Infografis.

Pada dasarnya infografis adalah informasi yang disajikan dalam bentuk gambar. Lebih jelasnya, informasi yang diolah dan di desain dengan penampilan menarik dan komunikatif dalam bentuk gambar. Biasanya infografis dipakai oleh media cetak atau online sebagai informasi kronologi suatu kejadian\peristiwa terhangat, seperti kecelakaan pesawat atau kronologi kejahatan.
Bang Davi sedang menyampaikan materi "Infografis"
Materi infografis ini disampaikan dengan santai oleh salah satu anggota Blog-M yang baru saja menikah yang bernama Septian Hadavi Lubis. Pengalaman bang Davi memang sudah cukup banyak dalam bidang desain grafis, sehingga materi yang disampaikan pun juga mudah dipraktekkan (diaplikasikan).
Antusiasme para peserta yang hadir di Durian Blog-M Bulan Oktober.

Ada yang ngk sengaja kena candid, yang lain serius dengerin materi eeh ternyata yg dipojok ada yang tidur.haha maaf bg blahe:)
Durian bulan oktober kemarin dihadiri oleh sekitar 30 anggota, dan alhamdulillah acara durian berjalan dengan lancar dan sukses. Bertempat di Restaurant Istana Koki, jln Cik Di Tiro. Perkembangan software desain sangatlah cepat. Ada software desain grafis yang bisa digunakan dengan offline, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, dan lainnya. Ada juga software desain grafis hanya bisa dipakai via online, dan itu pun ada yang free dan ada juga yang berbayar. Seiring berkembangnya teknologi, infografis pun juga bisa memanfaatkan video, software yang bisa digunakan untuk membuat infografis video diantaranya adalan videopad Video editor. Masih banyak lagi software\aplikasi yang bisa dipakai untuk membuat infografis. Dan untuk pembuatan infografis berbentuk gambar, lebih banyak yang memakai Adobe Photoshop. Setelah materi selesai disampaikan oleh bang davi, acara dilanjutkan dengan diskusi ringan membahas tentang beberapa hal internal komunitas, mulai dari usulan umembuat acara belajar menulis bareng sampai dengan usulan membuat event Festival Blogger. Sempat terjadi perdebatan yang serius ketika ada usulan membuat acara "menulis bareng" dari salah satu anggota yang merasa "durian kurang efektif", namun pada akhirnya suasana bisa mencair setelah adanya keputusan menyetujui acara tersebut.
Foto Keluarga Blog-M setelah usai acara.
Keseruan para peserta saat sesi Diskusi.

Nah seru banget kan Durian Blogger bulan Oktober kemarin. Tak terasa sekarang sudah
bulan Oktober dan para anggota Blog-M sudah disibukkan dengan persiapan Durian bulan
November ini. Oke sampai disini dulu tulisan saya. Sampai jumpa di Durian Bulan November. 

Share this: