Keseruan Festival TIK 2016

Ini pertama kali saya mengikuti festival TIK (teknologi informasi dan komunikasi). Dari awal mengetahui informasi event ini, saya sudah penasaran dengan kemeriahan dan keramaian event tahunan tersebut. Ditahun sebelumnya saya belum bisa hadir karena lokasi di kota Bandung dan kebetulan saya masih kerja di kota Medan.

event Festik2016 candori di Grhatama Pustaka Yogyakarta.
Poster event Festik2016 di Grhatama Pustaka Yogyakarta.

Hari yang ditunggu datang dan saya berangkat bareng si dani dan opik. Dua teman saya ini termasuk blogger sepuh jogja, sama-sama suka nyepam dan suka buat blog (akun) anonim, tapi mereka baik hati, tidak suka bermain hati dengan cewek dan yang pasti suka menulis (curhat).haha.. (nanti fee nya ditransfer aja ya bro.wkwkwk)

Dilokasi event, saya sangat senang sekali bisa bertemu dan kumpul-kumpul dengan para blogger dari berbagai daerah di indonesia. Saya bisa ketemu langsung dengan blogger bogor, blogger borneo, blogger bojonegoro, gorontalo, makassar, banyuwangi, bandung, dan masih banyak dari berbagai daerah lainnya.

festik 2016 yogyakarta
Opening FesTIK 2016 di Grhatama Pustaka Yogyakarta oleh Gubernur DIYyang diwakili oleh Paku Alam X.

Kembali ke Festik2016, sampai dilokasi saya langsung daftar dan masuk ke ruang utama opening Festik, sayangnya speakernya yang didepan kurang jelas didengar oleh peserta yang dibelakang. Acara opening belum selesai, saya ditelpon sama mas opik ngajak sarapan dulu. Akhirnya saya keluar dari lokasi acara dan cari sarapan bareng si dani. Sambil jalan-jalan keliling kota Jogja, akhirnya kami berhenti untuk sarapan di alun-alun kidul. Saya sarapan nasi kuning, si opik pesan nasi pecel dan si dani sarapan pakai nasi rawon.

Salah satu materi workshop yg menurut saya paling menarik, yaitu workshop tentang UKM yang materinya disampaikan oleh pak Yudi Wahyudi perwakilan dari Disperindag dengan judul Pengembangan UKM dengan IT. Pak Yudi (sapaan pak Yudi Wahyudi) mengawali workshop dengan perkenalan biografi singkat beliau serta kesibukannya yang sekarang. Beliau merupakan Konsultan pengembangan UKM dari Disperindag daerah kota Yogyakarta.

festik2016 candori grahapustaka yogyakarta
Bapak Yudi Wahyudi sedang menyampaikan materi tentang Pengembangan UKM dengan IT.
Berikut salah satu materi yang bisa saya tulis dari workshop beliau tentang Stategi UKM dalam memanfaatkan Internet agar bisa berkembang dan eksis :
Memiliki Media (promosi dan branding) :
1. Memiliki akun email untuk pemasaran (marketing).
2. Nama domain yang tepat (sesuai) dengan brand usaha.
3. Website dengan fitur yang sesuai kebutuhan pemasaran dengan hosting kapasitas besar.
4. Blog buat SEO untuk naikin nilai website.
5. Media sosial yang tepat untuk karakter pasar produk dengan nama akun sesuai brand.
6. Kontak komunikasi Nomor Cantik buat WA (whastapp) atau LINE.

Siapkan KONTEN buat operasional pemasaran online :
1. Konten Produk berupa gambar produk yang cukup koperhensif (pas foto, perspektif, perbandingan dan detail) serta deskripsi produk yang informatif dan edukatif.
2. Konten promosi berupa gambar yang menarik hati atau bikin penasaran target pasar (segmen).

Pak yudi juga memaparkan dengan gamblang tentang kondisi secara umum UKM yang ada di kota Yogyakarta. 
  • UKM umumnya hanya pintar membuat produk namun tidak pintar menjual
  • Pasar konvensional UKM saat ini didominasi oleh pengepul yang fokus keunggulannya lebih ke harga (belum fakus ke kualitas produk dan pelayanan yang ditawarkan). 

"Sabar dan konsisten dalam bertarung di arena SEO dan SMO". Inilah sebenarnya inti dari kegiatan penggunaan web sehingga menjadi media yang efektif untuk memasarkan produk. 
"Sebaik apapun promosi, pada akhirnya yang dilihat tetap PRODUK".
" Internet fungsinya adalah alat propaganda." Yudi wahyudi (perwakilan dari disperindag).

Suasana workshop yang cukup nyaman dan kondusif.
Pak yudi menambahkan, ada beberapa fase perkembangan media online khususnya website ketika di maintenance, yaitu :
1. Fase penambahan konten yang terindex mesin pencari.
2. Fase pertumbuhan jumlah pengunjung.
3. Fase basis informasi.
4. Fase dominasi mesin pencari.
5. Fase mesin bisnis efektif.
6. Fase mempertahankan dan meningkatkan.
Fase 1 sampai 6 ini umumnya akan dicapai dalam waktu 3 bulan sampai 6 bulan, tergantung dari ketatnya persaingan SEO dan SMO yang sama atau sejenis.

Share this: