Pemanfaatan Tanda Tangan Digial

Dunia digital memang sangatlah cepat perkembangannya, minimal kita harus bisa mengikutinya atau lebih dari itu kita juga harus bisa memanfaatkannya, salah satunya yaitu memanfaatkan #tandatangandigital #ViSION atau singkatan dari Sistem Verifikasi Identitas Online Nasional yang diselenggarakan oleh KEMKOMINFO (kementrian komunikasi dan informasi).

Dalam rangka bersaing di era global yang sangat pesat perkembangan berbasis teknologi, Pemerintah Indoensia yang dalam hal ini diwakili oleh KEMKOMINFO , merasa sangat perlu melakukan terobosan-terobosan dan inovasi terbaru dalam bidang teknologi dan sistem informasi, karena jika hal itu tidak dilakukan maka bangsa ini tidak akan mengalami perubahan dan akan kalah bersaing dengan bangsa lain.

Event ngak akan lengkap klo ngak ada fotonya.haha..

Tanda tangan digital bukanlah tanda tangan yang digoreskan di atas kertas lalu di scan dan dimasukkan ke dalam data atau file yang sudah disiapkan, namun tanda tangan digital yang dimaksud di sini adalah menambahkan tanda tangan digital sebagai tanda persetujuan ke dalam file yang dimaksud dan kita tidak merubah isinya file tersebut sama sekali. Untuk dapat menggunakan tanda tangan digital ini syaratnya adalah KTP atau nomor induk keluarga, setelah itu baru verifikasi untuk mendapatkan username dan password, sebelumnya harus download dulu software yang sudah disiapkan oleh Kemkominfo.

Suasana acara Tanda Tangan Digital yang diselenggarakan di Ballroom Grand Serela Medan.
Para pembicara sedang menyampaikan materinya tentang pemanfaatan tanda tangan digital.

Lalu apa sih kelebihan tanda tangan digital?
1. Memiliki kekuatan hukum dan tidak bisa digunakan sembarangan. Bisa juga digunakan untuk penandatangan perjanjian kerjasama atau surat kontrak.
2. Tanda tangan ini berbentuk digital dan tidak bisa di print.
3. Tanda tangan ini tidak ada bentuknya seperti tanda tangan biasa melainkan hanya sebuah persetujuan atau verifikasi dengan menggunakan sistem/software khusus
4. Tanda tangan digital memudahkan transaksi elektronik.
5. Mendorong penggunaan file digital/data tanpa menggunakan kertas.

Seminar ini diselenggarakan di Ballroom Hotel Grand Serela, tepatnya di jalan Gatot Subroto no.395 Medan Petisah -Sei Sikambing - kota Medan. Diikuti oleh lebih dari seribu peserta, mulai dari staf pejabat pemerintahan dari berbagai golongan, pejabat kejaksaan, TNI, Satpol PP, beberapa lapisan masyarakat, guru, dosen, aktivis dan banyak juga yang dari komunitas serta mahasiswa.

Suasana ribuan peserta yang memenuhi Ballroom Hotel Grand Serela saat istirahat makan siang.

Oiya kata panitia, akan ada seminar/workshop lanjutan tentang tanda tangan digital ini, tentunya materinya akan lebih detail dan lebih mendalam dari pada sebelumnya. Namun sayangnya pihak panitia belum bisa memberikan kepastian jadwalnya kapan akan diselenggarakan workshop lanjutan tersebut.

Share this: