Serunya Camping Di Bukit Gajah Bobok

Lama ngak tidur didalam tenda membuatku kangen dengan suasana dan sensasi tidur didalam tenda. Sebenarnya bukan hanya tendanya yang membuat kangen, tapi juga suasana alam liar disekitar tenda, sejuknya udara yang bersih dari polusi serta pemandangan alam bebas yang membuat rasa kangen ini semakin kuat. Untuk mengobati rasa kangen itu, kemarin saya camping di bukit gajah bobok, merek, tanah karo.

Malam itu aku berangkat bareng saudara dan temen kampusnya dari rumah sekitar jam 11. Perjalanan relatif lancar karena sudah larut malam. Sampai di lokasi (pos/tempat parkir) sekitar jam 3 dini hari. Habis itu kami langsung bergegas tracking (jalan kaki) sekitar 1km, sebenarnya sih ngak terlalu jauh puncak bukit gajah bobok dengan parkiran, hanya saja jalan yang berliku membuat seakaan jaraknya jauh.Sampai dipuncak bukit sekitar pukul 4 dan kami langsung membangun tenda  untuk beristirahat sejenak. Sambil menunggu sunrise, kami santai sejenak didalam tenda sambil ngobrol ringan sama saudara dan temennya. Salah satu pembicaraannya tentang planing mau lanjut ke parapat untuk melihat pesta kembang api perayaan pergantian tahun baru 2017.

Iseng bikin milkyway tapi kurang bagus, karena telat (over cahayanya) uda mulai mau muncul mataharinya.
Malam mulai meninggalkan kami dan berganti dengan cahaya matahari yang sudah mulai kelihatan diujung bukit. Sunrise di bukit gajah bobok ini menyuguhkan pemandangan yang sangat cantik, keindahan danau toba ditambah dengan pemandangan perbukitan yang mengeliilingnya membuat sunrise disini begitu sempurna. Dari puncak bukit gajah bobok ini, anda bisa melihat langsung pemandangan Gunung Sinabung, Gunung Sibayak, Bukit Gundul, dan Puncak Pusuk Buhit. Kali ini saya beruntung karena puncak bukit lumayan sepi dan bisa memotret sana sini dengan bebas tanpa mengganggu orang lain, sebab kalau hari libur atau weekend di bukit ini selalu ramai dengan para pengunjung sehingga membuat aktifitas hunting jadi kurang leluasa.

Santai ngopi didalam tenda sambil menikmati matahari terbit \sunrise.
Sekedar informasi tambahan, sebaiknya anda membawa persediaan bekal air yang cukup, karena dipuncak bukit tidak ada air. Kami pun membawa bekal air yang cukup banyak, sehingga bisa dibuat berwudlu untuk menunaikan shalat subuh. Usahakan juga membawa jacket yang tebal, karena suhu dipuncak relatif dingin dan ainginnya juga lumayan kencang. Jika anda berniat memotret milkyway, jangan lupa membawa tripod, lokasi puncak bukit gajah bobok ini sangat bagus untuk memotret milkyway.
Keindahan pemandangan sunrise di bukit gajah bobok yang cantik luar biasa.

Kalau naik gunung jangan lupa sholat subuh ya gaes..

Oiya mengenai bukit ini kenapa dinamakan gajah bobok. Nah itu juga pertanyaan yang sempat muncul dalam benankku. Aku coba tanyakan hal ini kepada salah seorang pengunjung yang sedang menikmati sunrise didekatku dan dia menjawab "itu dibawah (danau toba) kan ada pulau kecil yang bentuknya seperti gajah tidur (bobok), mungkin karena ada pemandangan (pulau) gajah bobok itulah bukit ini dinamakan dengan nama tersebut". Ah apalah arti sebuah nama, aku pun masih ragu dengan kebenaran penjelasan orang yang aku tanyai tadi.haha.. 

Share this: