Mencerdaskan Diri dan Mencerdaskan Indonesia Bersama Smartfren 4G

Perkembangan dunia digital di era modern sekarang ini semakin cepat dan caggih.  Kebutuhan akan data dan informasi semakin mudah didapatkan hanya dengan mengakses internet. Didukung dengan semakin baiknya kualitas layanan jaringan para providor yang menyediakan layanan paket data internet dengan akses super cepat serta harga yang terjangkau. Para providor semakin berlomba-lomba dalam memberikan layanan terbaik dengan koneksi super cepat dan kualitas jaringan yang stabil dalam merebut hati para pelanggannya.

Sayangnya akhir-akhir ini banyak sekali beredar bebas berita dan informasi negatif yang semakin tak terbendung, bisa berupa provokasi, adudomba, fitnah, melecehkan suatu etnis\suku, menjatuhkan martabat seseorang, menyebarkan permusuhan antar golongan, sampai dengan banyaknya kasus kriminal\kejahatan ciber.

Sambil nunggu acara dimulai.

Smartfren berkerjasama dengan para pegiat media sosial, blogger dan berbagai media secara berkala memberikan edukasi tentang pemanfaatan media internet agar bisa lebih memberi manfaat dan bisa memberi kontribusi positif terhadap kemajuan bangsa.

Dengan semakin membanjirnya arus berita dan informasi negatif ini, apabila tidak diimbangi dengan berita dan informasi yang positif dengan baik, maka bahaya besar akan menimpa generasi millenial (remaja) sebagai pengguna internet yang paling dominan.

Setidaknya ada 4 bahaya negatif dari konten HOAX
1. Merugikan suatu pihak\golongan.
Judul yang provokatif dan isi berita yang tidak akurat  dapat menuai berbagai opini negatif, tentu opini negatif ini dapat merugikan pihak yang bersangkutan
2. Memberikan reputasi buruk akan seseorang/sesuatu
Apabila berita tersebut tidak kamu teliti dan langsung kamu share dan seantero temanmu juga jadi ikut percaya, itu bisa jadi bahaya loh! sebab isi berita hoax yang merugikan tersebut bisa membuat image seseorang menjadi jelek dan ketika sudah viral tidak akan ada yang mau bertanggung jawab
3. Menyebarkan fitnah
Selain reputasi buruk yang terbentuk, fitnah pun bisa tercipta melalui berita hoax yang tersebar
4. Menyebarkan informasi yang salah
Eits jangan langsung percaya dari judul yang terkesan ilmiah juga ya! Coba kalian cek dulu sumber dan keaslian sumber daripada berita tersebut. Jangan sampai kalian malah jadi gagal informatif

Agar kita terhindar dari berita dan informasi negatif (HOAX), ada baiknya kita membentengi diri dengan hanya mengakses situs terpercaya dan resmi, selain itu kita harus memfilter diri dengan tidak mudah terpancing berita atau konten yang berbau negatif.

Langkah kecil yang harus kita lakukan untuk membendung arus berita dan informasi negatif adalah dengan membuat atau menyebarkan berita dan informasi positif yang bisa membuat orang lain mendapatkan manfaat dan berguna. Tidak ada jalan lain untuk melawan konten negatif selain kita membuat, menularkan dan menyebarkan berita dan informasi positif di setiap tulisan dan gambar yang kita buat.

Tips menangkal berita hoax
1.Perhatikan Situs atau Sumber Berita
Sebagai pengguna smartphone yang cerdas, seharusnya kita juga mampu lebih cerdas memilih konten atau situs yang dapat dipercaya.
2.Kritis dan Melakukan Verifikasi Ulang Terhadap Suatu Berita
Sebagai pembaca, kritis merupakan hal yang paling penting ketika menemui suatu berita.
Agar terhindar dari hoax, kita harus jeli menanggapi hal-hal yang menyimpang atau aneh dalam suatu berita.
3. Perbanyak Bacaan (tentunya yang berbobot)
Salah satu cara menghindari berita hoax adalah dengan memperluas cakupan bacaan kita.

Perbanyaklah membaca situs-situs yang resmi agar kita lebih mampu membedekan situs yang berisi konten hoax, mulai dari isi hingga cara penyajian konten yang ada pada situs tersebut.

Dengan semakin baiknya kualitas diri kita dalam mengakses internet, secara tidak langsung juga akan semakin bagus kualitas tulisan dan konten yang kita sebarkan, dengan begitu secara otomatis akan meningkat juga kualitas pembaca yang teredukasi dengan konten yang kita sajikan. Hal sekecil itu akan sangat berguna jika semakin banyak pembaca konten\tulisan yang juga menyebarkan nilai-nilai positif yang didapatkan dari konten\tulisan kita kepada teman-teman dan lingkungan para pembaca.

Memperbaiki kualitas diri berarti meperbaiki kualitas keluarga, memperbaiki kualitas

Share this: