Belajar SEO di Kelas Blogger Medan

Kemana weekend kali ini gess??...
Akhir pekan kali ini saya manfaatkan dengan santai sambil nongkrong di cafe bareng kawan-kawan Blog M singkatan dari Blogger Medan. Acara berjudul " belajar SEO di Kelas Blogger Medan " ini dibawakan oleh salah satu senior Travel Blogger kota Medan Rudi Hartoyo pemilik blog Medan Wisata.

Pembahasan topik kali ini lumayan serius, mengupas tentang SEO (search enggine optimation). Tema SEO termasuk tema yang terus berkembang dan sangat luas cakupannya, secara garis besarnya bisa dibagi menjadi 2 bagian pembahasan, SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE.

kelas seo blogger medan
Kawan-kawan Blogger Medan sedang serius mengikuti materi yang sedang disampaikan

Pertama SEO ON PAGE
meliputi keywords, title tags, H1 tags, meta description, quality content.
Kedua SEO OFF PAGE
meliputi social media, link building, article submission, document sharing, blogs dan infographic submission.

Bang Rudi (panggilan akrab Rudi Hartoyo) secara panjang lebar juga memberikan tips dan trik memanfaatkan 2 aplikasi populer Google, yaitu Google Analitics dan Google Console. Google Analytics merupakan aplikasi gratis dari Google untuk mengukur kinerja bisnis (blog\website) secara online. Aplikasi ini memudahkan kita untuk memantau statistik pengunjung pada website atau toko online yang kita miliki atau yang sedang kita bangun. Sedangkan Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan untuk membantu kita memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah keberadaan situs kita di hasil Penelusuran mesin pencarian Goolge.

Kelas SEO Blogger Medan.


Selain itu kita juga bisa mengetahui seberapa jauh hasil dari teknik SEO yang kita praktekkan, kita bisa cek melalui banyak cara, salah satunya bisa dilihat di :
1. http://www.neilpatel.com/
2. http://seositecheckup.com/
3. http://smallseotolls.com
4. http://sekseo.com/

Beberapa poin diatas yang bisa ditulis dan dirangkum. Oke sekian dulu dari saya, sampai bercerita lagi di tulisan selanjutnya.

Share this:

CONVERSATION

2 comments: